Fisika Materi Terkondensasi (Condensed-Matter Physics)

Dilute Magnetic Semiconductors adalah salah satu wilayah kajian riset yang sedang hot dalam Condensed Matter Physics, di mana 2 dosen peminatan FMT menggelutinya (Dr. MAM secara teoretik dan Prof. RS secara eksperimental).

 

Ilustrasi di sebelah kiri adalah gambaran mikroskopik dari Dilute Magnetic Semiconductor (DMS) (gambar diambil dari nano.sfedu.ru). DMS adalah salah satu wilayah kajian riset yang sedang 'hot' dalam Condensed Matter Physics, di mana 2 dosen peminatan FMT menggelutinya (Dr. MAM secara teoretik dan Prof. Dr. RS secara eksperimental). DMS merupakan material yang memiliki kombinasi sifat semikonduktor sekaligus magnetik, sehingga menjanjikan untuk dipakai dalam aplikasi teknologi elektronika yang memanfaatkan arus listrik terpolarisasi dengan arah spin tertentu. Teknologi masa depan ini dikenal dengan nama spintronics.

 

 

 

Deskripsi Peminatan:

Fisika Materi Terkondensasi (Condensed Matter Physics) adalah bidang fisika yang berkenaan dengan eksplorasi dan manipulasi fenomena-fenomena serta sifat-sifat fisis materi, dalam bentuk padat maupun cair, berdasarkan prinsip-prinsip mekanika kuantum dan fisika statistik. Peminatan ini bertujuan menghasilkan sarjana fisika yang kompeten dalam pemodelan dan perhitungan teoretik dan/atau sintesis, karakterisasi, dan analisis sifat-sifat listrik, magnetik, dan optik sistem kristal, amorf, atau cair. Kompetensi-kompetensi tersebut dibentuk melalui pengalaman pembelajaran dalam matakuliah-matakuliah tingkat lanjut seperti: Mekanika Kuantum, Medan Elektromagnetik, Fisika Statistik, Fisika Zat Padat, dan Spektroskopi, serta pengalaman praktek teoretik/komputasi maupun eksperimental dalam pengerjaan topik-topik Laboratorium Lanjut dan proyek tugas akhir.

 

Potensi karir lulusan:

Dengan bekal kompetensi analisis dan problem solving skills (dengan menggunakan perangkat analitik, numerik, dan/atau eksperimental) terhadap permasalahan-permasalahan kompleks dalam fisika terkait dengan sistem materi atau yang serupa, lulusan peminatan ini diharapkan mampu bersaing dalam lapangan kerja di bidang industri yang terkait dengan eksplorasi material, divais elektronik, pengembangan computer software, dll., atau sebagai peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti BPPT, BATAN, LIPI, dll. Di samping itu, lulusan dengan prestasi yang baik berpeluang untuk melanjutkan studinya ke jenjang S2 dan S3, khususnya di bidang Condensed Matter Physics, namun tidak menutup peluang ke bidang-bidang lain yang masih berhubungan, baik dalam lingkup science maupun engineering, seperti Materials Science/Engineering, Electrical Engineering, Biophysics, dll.

 

Dosen-dosen peminatan FMT beserta bidang keahlian atau riset terkininya:

Nama dosen Bidang keahlian / riset terkini
Prof. Dr. rer. nat. Rosari Saleh
  • Sintesis, karakterisasi, dan analisis sifat-sifat magnetik, transpor, dan optik sistem nanokristal dan nanofluid;
  • Perhitungan sifat-sifat elektronik Dilute Magnetic Semiconductors (DMS) berbasis Density Functional Theory
Dr. Herbert P. Simanjuntak  
Dr. Dedy Suyanto Spektroskopi Mossbauer
Dr. techn. Djoko Triyono  
M. Aziz Majidi, Ph.D.

Pemodelan teoretik dan pemecahannya dengan metode Dynamical Mean-Field Theory (DMFT) atau perluasannya, untuk menghitung sifat-sifat transpor, magnetik, dan optik sistem-sistem elektronik terkorelasi kuat, a.l. manganites, cuprates, Dilute Magnetic Semiconductors (DMS), graphene, dll. (Lihat juga: TCMP Group)

Dr. Efta Yudiarsah Pemodelan dan perhitungan sifat-sifat magnetik dan transpor sistem molekular seperti single molecule magnet, DNA, dll.
Dr. Dede Djuhana Simulasi mikromagnetik dinamika domain wall pada nanomaterial magnetik berbasis persamaan Landau-Liftshitz-Gilbert (LLG)

 

Kolaborasi dengan institusi-institusi lain:

Beberapa tahun belakangan ini dosen-dosen yang aktif dalam penelitian di bidang Condensed-Matter Physics menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai institusi di luar Departemen Fisika UI, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, antara lain:

 

© 2016 Departemen Fisika | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - FMIPA | Universitas Indonesia